Merubah Mindset Untuk Menjadi Kaya

Bismillah, Assalamu'alaikum

Selamat Malam, Hai hai kali ini saya mau bahas tentang merubah mindset dalam diri kita untuk menjadi kaya, tapi sebelum ke pembahasan ada beberapa pertanyaan yang akan saya ajukan ke teman-teman

" Benar ga sih uang itu sumber utama masalah ? "

" Yang mahal itu kebutuhan hidup atau gaya hidup ya 🤔 ? "

"Apakah benar pemicu utama perceraian itu adalah ekonomi? ".

Yups langsung aja ya... kita bedah satu- satu nih kenapa sih kita harus membangun mindset untuk menjadi kaya. 

Apa sih sebenarnya mindset itu ? Mindset itu adalah cara berpikir untuk mempengaruhi melakukan sesuatu yang nantinya akan mempengaruhi hasil (result). 

Untuk merubah mindset kita harus memiliki mentalitas, karena mentalitas adalah bagian pola pikir yang akan mempengaruhi pikiran. Jadi, kita harus sering berpikir positif agar bisa memiliki mentalitas yang kuat. Ketika kita memiliki mental yang baik maka sebenarnya kita sedang memperbaiki kehidupan kita.

Dalam kehidupan ini kita selalu disuruh untuk memilih, pilihan yang sudah kamu ambil adalah sebuah keputusan. Setiap keputusan yang diambil pasti selalu ada resikonya, nah apakah mental kamu siap untuk menghadapi segala resiko. 
 
Nah termasuk untuk menjadi kaya itu adalah sebuah keputusan. Keputusan untuk berjuang dahulu kemudian menikmati hasil atau santai - santai untuk menunda kesenangan di kemudian hari, itu semua adalah pilihan teman-teman kembali lagi kepada pribadi masing - masing. 

Sering sekali kita mendengar seperti ini " banyak lho orang kepengen kaya tapi mindsetnya keliru , makannya kebanyakan orang susah buat menjadi orang yang berhasil. Maka dari itu mulai saat ini kita rubah prinsip kita seperti ini :

1. Di awali dengan memiliki mindset dan mental kaya

2.Bekerja keras untuk beneran menjadi kaya

3. Akhirnya sukses dan kaya. 

Dan rubah mindset teman - teman menjadi kaya bukan memiliki banyak materi tetapi memiliki hati yang kaya 🙂. 

Beberapa minggu lalu saya mengikuti pelatihan online dengan tema entrepreneur dan pemateri saya bilang seperti ini " menjadi kaya adalah sebuah mental, tidak mempunyai uang adalah kondisi sementara ". Yups, bener banget ketika teman-teman dalam keadaan terjepit dalam persoalan keuangan pasti teman-teman akan mempunyai solusi untuk keluar dari masalah itu tidak mungkin teman-teman akan berdiam diri saja tanpa mencari solusi, jadi benar dong tidak mempunyai uang adalah sementara. 

Karena banyak orang yang kaya tapi mempunyai mental miskin tetapi ada juga yang tidak kaya memiliki mental kaya. 

Contohnya seperti ini karyawan yang memiliki mental kaya suatu saat dia akan menjadi pemilik Perusahaan karena mindsetnya dia bekerja harus jujur, disiplin maka hasilnya dia akan menjadi sukses. 
Pemilik Perusahaan yang kaya tetapi memiliki mental miskin misalnya dia berbuat curang, tidak adil kepada karyawannya hasilnya dia akan kehilangan aset Perusahaannya (bangkrut). 


Mulai saat ini yuk install dan rubah mindset teman-teman untuk memiliki mentalitas kaya, dengan cara banyak - banyak bersyukur kurang kurangi mengeluh apapun yang terjadi meresponnya jangan dengan mengeluh, karena mengeluh itu akan membangun pola pikir yang negatif. 

Contohnya seperti ini, ketika kamu jalan - jalan ke sebuah pusat perbelanjaan kamu lihat- lihat tas dan kamu ingin membeli tas itu tapi harganya mahal lalu kamu akan teriak seperti ini " harganya mahal banget jiwa miskinku teriak meronta ronta".

Harusnya mulai dirubah mindsetnya dengan cara berpikir seperti ini "tidak ada yang mahal hanya saja uangnya belum cukup untuk membeli, pasti nanti saya akan beli tas itu ", sambil diimbangi dengan doa. 

Sebenarnya mahal itu relatif lho temen-teman , misalnya begini harga sepeda itu mahal sekali seratus juta, tetapi ketika di rekening kalian ada uang lima ratus juta apakah harga sepeda itu menjadi mahal? Jadi pengertian mahal itu relatif ya tergantung bagaimana kondisi keuangan kalian. Jadi mulai sekarang kita kurangi mengeluh yang nantinya malah akan membangun pola pikir negatif. Percayalah mengeluh itu bukanlah solusi dan tidak akan menyelesaikan masalah. 

Orang - orang yang memiliki mental kaya mindsetnya selalu berpikir positif, berpikir bagaimana caranya menemukan solusi. 

Selalu berpikir positif tentang kekayaan, tetapi kebanyakan orang malah berkonotasi negatif bermimpi  memiliki banyak uang adalah serakah, tidak bersyukur, akan menjadi ambisius padahal itu salah. 

Banyak cara pandang masayarakat kita yang salah kebanyakan mereka berpikir orang kaya itu pelit, uang itu sumber masalah, dengan banyak uang dan menjadi kaya kita akan menjadi sombong dan egois,uang bisa membeli kebahagiaan, padahal :

Orang kaya itu adalah kontributor terbesar untuk berdonasi


Kekurangan uang akan menjadi sumber kejahatan dan kelaparan contohnya pencurian. 

dengan banyak uang kita bisa dengan royal untuk bersedekah dan banyak membantu orang, membahagiakan orang tua. 


Justru dengan banyaknya uang semua masalah bisa teratasi

Jadi mulai sekarang hati - hati ya sama cara berpikir kita sendiri. Percayalah kalau konotasi kita negatif terus tentang uang kita tidak akan bisa menjadi orang yang kaya dan dermawan.


Untuk merubah mindset kita, mulai saat ini kita install pikiran kita dan apply dalam kehidupan sehari-hari , untuk membangun mentalitas kaya ada beberapa info cara berpikir

1. Memiliki mentalitas miskin
Ketika mendapatkan uang, fokusnya adalah langsung menghabiskan tidak peduli dengan saving money yang penting senang, bisa membeli ini dan itu , walupun penghasilan tidak seberapa yang penting gaya hidup yang utama. 

2. Memiliki mentalitas kaya
Ketika mendapatkan penghasilan mereka akan mengelola income menjadi aset dan seterusnya seperti itu, makannya ada istilah yang kaya akan semakin kaya. Biasanya mereka yang beneran kaya tidak peduli omongan orang mengenai penampilan dirinya. Contohnya adalah Mark Zuckerberg low profile high profit. 

4. Memiliki mimpi besar
Tidak ada yang melarang kita untuk memiliki mimpi besar , kalau saat ini biasa biasa saja suatu hari nanti kita akan menjadi orang yang sukses. Jadi kalau bermimpi jangan setengah- setengah ya tidak ada salahnya kita memiliki mimpi besar. 


Mulai saat ini kita rubah mindset untuk membangun mentalitas kaya, semoga ini menjadi motivasi teman-teman untuk terus berjuang agar dikemudian hari bisa menikmati. Seperti sebuah peribahasa " Berakit-rakit ke huluberenang-renang ke tepian; bersakit-sakit dulu, bersenang-senang kemudian adalah Apabila ingin mendapatkan kesenangan atau keberhasilan di kemudian hari haruslah berani bersusah payah terlebih dahulu


Mulai sekarang kita rubah cara berpikir kita yang kaya itu adalah mentalnya sehingga kita menjadi kaya beneran. 

Semoga ini bermanfaat ya untuk teman - teman semuanya. 

Salam Sukses. 






Comments

  1. Salam mental kaya.. terimakasih sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, semoga menjadi motivasi kita bersama

      Delete
  2. Bener ini mba, membangun mentalitas kaya bukan berarti serakah, gila harta, tapi semata-mata mengembangkan diri supaua lebih fokus sama kebahagiaan nantinya. Itung-itung memotivasi diri supaya lebih berusaha lagi dalam bekerja atau belajar.

    Salam kenal ya, mba!👋🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak, salam kenal juga
      Semoga jd motivasi kita bersama ya kak kita sama-sama belajar. Terima kasih kak

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pesona Keindahan Curug Balong Endah

Resep Sop Kambing dengan Bumbu Simple